PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SEL PADA SISWA SMA KELAS XI

TASLIYAH NURFADILAH, 135040127 (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SEL PADA SISWA SMA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Indonesia, Inggris, Sunda.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa terhadap materi sel setelah diterapkan pendekatan SAVI. Sampel pada penelitian ini sebanyak 38 orang siswa kelas XI IPA 3 SMA Pasundan 2 Bandung. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan rendahnya hasil belajar pada kelas reguler, berdasarkan hasil wawancara dari salah satu guru biologi. Metode dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental design, dengan teknik pengumpulan data berupa pengisian intrumen tes yaitu 20 soal pilihan ganda, serta instrumen non tes berupa lembar angket respon siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta penilaian RPP yang digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 23.0 for Windows dan skala Likert untuk penilaian lembar angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatan penguasaan konsep siswa hal tersebut dapat dilihat dari perolehan N-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang pada pembelajaran konsep sel. Hasil tersebut ditunjang dengan perolehan nilai pada angket respon siswa sebesar 4,61 menunjukkan bahwa respon siswa positif, adapun hasil observasi aktivitas siswa sebesar 85,7% dengan kategori sangat tinggi dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 97 dengan kategori baik, adapun hasil penilaian RPP sebesar 96,7. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Penguasaan Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:11
Last Modified: 20 Oct 2017 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item