PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARINIG (PBL) UNTUK MENINGKATKAN FINDING HUMOR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

NENI NURJANAH, 135040150 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARINIG (PBL) UNTUK MENINGKATKAN FINDING HUMOR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I pendahuluan fix.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III metode penelitian .pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya Finding Humor peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Parongpong terhadap pembelajaran sehingga peserta didik kurang tertarik dan tidak menikmati pembelajaran yang menyebabkan bosan dalam kelas. Salah satu alternative yang dapat meningkatkan Finding Humor dengan Model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan Finding Humor terhadap penerapan Problem Based Learning pada konsep Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIPA di SMAN 1 Parongpong, yaitu kelas X MIPA 1 dengan berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Analisis data yang digunakan Uji Normalitas, Uji-Z, dan Uji Korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian pada ranah kognitif mendapatkan nilai N-Gain 0,60 dengan kriteria sedang, pada penilaian ranah afektif mendapatkan nilai 78,3 dengan kriterian baik dan penilaian pada ranah psikomotor menunjukan nilai 80 dengan kriteria sangat baik. Peneliti menganalisis data dengan Uji-Z dengan hasil Zhitung > Ztabel sebesar 1,81>-0,46. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Finding Humor setelah diterapakan model Problem Based Learning (PBL) pada konsep Keanekaragaman Hayati. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Finding Humor, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:04
Last Modified: 20 Oct 2017 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31098

Actions (login required)

View Item View Item