PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Cibeureum Kabupaten Cianjur)

Widaningsih, 145060258 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Cibeureum Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa melalui penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV A SDN Cibeureum Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki nilai hasil belajar kurang memuasakan dikarenakan guru kurang menguasai model Kooperatif tipe Jigsaw, akbiatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang akt if. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis and Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklu dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap -tahap model Kooperati tipe Jigsaw. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes (postest), angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 67%, siklus II sebesar 77%, dan siklus III menjadi 92%. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 60%, siklus II mencapai 73%, dan siklus III menjadi 91%. Hasil belajar pada ranah afektif sikap percaya diri pada siklus I mencapa i 44%, siklus II sebesar 64% dan siklus III meningkat mencapai 88%, sikap peduli pada siklus I mencapai 40%, siklus II sebesar 60% dan siklus III meningkat mencapai 92%, sikap tanggung jawab pada siklus I mencapai 40%, siklus II sebesar 60% dan siklus III meningkat mencapai 96%. Selanjutnya pada ranah kognitif siklus I mencapai 56%, siklus II sebesar 72% dan siklus III meningkat mencapai 92%, dan hasil belajar pada ranah psikomotor (keterampilan komunikasi) pada siklus I mencapai 48%, siklus II sebesar 64 % dan siklus III meningkat mencapai 88%. Dengan demikian, penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada Subtema Kekayaan Sumber energi di Indonesia. Kata Kunci : Model Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:21
Last Modified: 18 Oct 2017 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30966

Actions (login required)

View Item View Item