PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Sub Tema 1 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V SDN Bhakti Winaya)

Yudi Heryadi Sutrisno, 135060288 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Sub Tema 1 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V SDN Bhakti Winaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bhakti Winaya pada subtema macam -macam peristiwa dalam kehidupan dengan menerapkan model Discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas V selaku observer. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai guru kelas yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas V dan wali kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari enam tahap, yaitu memberikas stimulus pada sis wa, mengidentifikasi masalah, membimbing mengumpulkan data, mengolah data, pembuktian, dan membimbing untuk menarik kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes unt uk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata -rata peningkatan sikap percaya diri dari siklus 1 sampai siklus 2, yaitu pada siklus 1 3,00 dengan kategori baik, dan siklus 2 3,44 dengan kategori baik, untuk nilai rata -rata hasil belajar siswa dari siklus 1 sampai ke 2, yaitu pada siklus 1 60,6 dan siklus 2 74,6. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Discovery Learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada subtema macam-macam peristiwa dalam kehidupan. Kata kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:40
Last Modified: 18 Oct 2017 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30953

Actions (login required)

View Item View Item