Yusup Faruk, 135060227 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Pada Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Pelestarin Lingkungan SDN 130 Batununggal-Sekelimus Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
6 abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
5 abstrak indonesia.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
7 abstrak sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17 BAB III.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text
18 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
19 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM, hal ini disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar masih menggunakan metode ceramah, siswa hanya mencatat, dan menerima tugas, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN 130 Batununggal-Sekelimus Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian lingkungan dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan RPP sesuai dengan permendikbud No 22 Tahun 2016, dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan sintaks discovery, learning,selain it model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar yang meliputi sikap kerjasama, kognitif, dan keterampilan berkomunikasi. Maka dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 70%, siklus II 75%, dan 89%). Kedua, adanya peningkatan pelakasanaan pembelajaran (siklus I mencapai 70%, siklus II 79%, siklus III 88%). Ketiga, adanya peningkatan sikap kerjasama (siklus I mencapai 57% siklus II 74% siklus III 87%). Ke empat adanya peningkatan ketrampilan berkomunikasi (siklus I 61% siklus 74% dan siklus III 80%). Ke lima adanya peningkatan kognitif atau pemahaman siswa (siklus I mencapai 52% siklus II 78% dan siklus III 91%). Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 08:41 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 08:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30928 |
Actions (login required)
View Item |