PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

WITRI YULIANI, 135060311 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 fiks..pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Jayagiri Lembang dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 34 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran tematik yang kurang. Siswa cenderung kurang percaya diri dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu kegiatan belajar masih berpusat pada guru dimana guru hanya menerangkan dan memberi contoh saja sementara siswa disuruh untuk mencatat,juga percaya diri siswa yang masih rendah dan hasil belajar didalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa pada pada subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas nilai rata – rata yaitu 63,38,dan hasil belajar pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 69 sedangkan hasil belajar pada siklus III yaitu 75. Percaya diri pada siklus I yaitu 62%, dan pada siklus II peningkatan yaitu 68% dan peningkatan percaya diri siswa pada siklus III yaitu 94%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan cara percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dikelas IV SDN 2 Jayagiri Lembang. Dengan demikian , penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan pokok bahasan yang lain nya Kata Kunci: Problem Based Learning, Percaya Diri,Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:12
Last Modified: 17 Oct 2017 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30919

Actions (login required)

View Item View Item