PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Komplek Karang Taruna Sari)

Rini Indriani, 135060150 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Komplek Karang Taruna Sari). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Komplek Karang Taruna Sari dikelas IV A Kecamatan Andir Kota Bandung pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Keadaan yang dihadapi pada pembelajaran saat ini adalah pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah sehingga siswa kurang aktif di dalam proses pembelajaran, Proses pembelajaran ini berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain Elliot. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik pretest dan teknik postest, wawancara, angket, dokumentasi. Adapun hasil belajar siswa siklus 1 sikap peduli memperoleh nilai 52%, siklus III memperoleh nilai 85%. Penilaian sikap santun pada siklus I memperoleh nilai 51% dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 85%. Penilaian Kognitif pada siklus I memperoleh nilai 48%, dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 82%. Penilaian psikomotor pada siklus I memperoleh nilai 51% dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 78%. Dengan demikian peneliti ini merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, SDN Komplek Karang Taruna Sari.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:00
Last Modified: 17 Oct 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30897

Actions (login required)

View Item View Item