PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP

TITIN TRIYANTI, 135050085 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan productive disposition siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan productive disposition siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Falah Kota Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan peecahan masalah matematis dan skala productive disposition. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala productive disposition telah diuji coba terlebih dahulu sehingga laak untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji independent sample t-test, begitu pula untuk data productive disposition dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tetapi karena data masih berupa data ordinal maka dengan metode MSI (Method of Sucessive Interval) data diubah menjadi data interval kemudian dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovey Learning dan pencapaian productive disposition siswa dalam pembelajara matematika yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian, model pembelajara Means-Ends Analysis dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Productive Disposition, Model Pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:48
Last Modified: 17 Oct 2017 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30892

Actions (login required)

View Item View Item