Egi Prasetya, 135060149 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Tema 1 Indahnya Kebersamaan pada subtema 2 Kelas IV SDN Ciapus II Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK sunda.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Indahnya keberagaman Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Ciapus II, sebanyak 25 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase hasil belajar ranah kognitif mencapai 60% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 72% dan pada siklus III mencapai 88% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil obeservasi dan angket pada ranah afektif (sikap) peduli pada siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 56% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II meningkat mencapai 72%, dan pada siklus III mencapai 88%. Hasil observasi dan angket persentase keberhasilan sikap santun yang sudah mencapai KKM, pada siklus I hanya mencapai 44% masih perlu peningkatan, pada siklus II meningkat mencapai 64% tetapi masih belum mencapai angka keberhasilan, dan pada siklus III mencapai 80% dari jumlah siswa yang sudah mencapai kereteria tuntas atau mencapai KKM. Hasil observasi pada ranah psikomotor (keterampilan) pada siklus I persentase siswa yang sudah mencapai keriterian tuntas atau mencapai KKM hanya mencapai 65% artinya masih perlu tindakan pada siklus II, serta pada siklus II mencapai 80%, peningkatan ini sudah mencapai angka ketentuan keberhasilan yaitu 80% siswa tuntas atau mencapai KKM, tetepai untuk memastikan hasil keterampilan ini maka di lakukan observasi pada ranah keterampilan pada siklus III yang mencapai 84%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ciapus II pada pembelajaran tema 1 indahnya kebersamaan subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman kelas IV. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 06:43 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30890 |
Actions (login required)
View Item |