Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Coblong Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Gita Mentari, 135060075 (2017) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Coblong Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kurangnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Coblong adalah kurangnya model pembelajaran yang digunakan guru sehingga sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, aspek pemahaman dan keterampilan berkomunikasi sangat rendah. Penyebab dari kurangnya hasil belajar siswa adalah kurangnya guru menggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Materi yang cocok untuk subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia adalah model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Coblong yang terdiri dari 40 siswa. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dari sikap percaya diri 23% pada siklus I, 35% pada siklus II dan 82% pada siklus III. Sikap peduli 20% pada siklus I, 35% pada siklus II, dan 87% pada siklus III. Sikap tanggung jawab 23% pada siklus I, 63% pada siklus II, dan 87% pada siklus III. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan 28% pada siklus I, 71% pada siklus II dan 83% pada siklus III. Secara keseluruhan data hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Coblong pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:32
Last Modified: 17 Oct 2017 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30883

Actions (login required)

View Item View Item