UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (PenelitianTindakanKelasdi kelasIV SDNegeriMulyasari 2 Ciampel Karawang)

FITRIA HASANAH, 135060092 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (PenelitianTindakanKelasdi kelasIV SDNegeriMulyasari 2 Ciampel Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK inggris.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Mulyasari 2 dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together (nht). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran numbered head together. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes (pretestt dan posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas, lembar observasi, penilaian sikap dan keterampilan peserta didik, untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan keterampilan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mulyasari 2 yang berjumlah 26 orang. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu dengan presentase sebanyak 23% sedangkan pada siklus II dengan prsentase mencapai 50% dan siklus III sebanyak 92%. Penilaian sikap peserta didik pada siklus I dengan presentase 19% sedangkan siklus II sebanyak 46% dan siklus III 88%. Penilaian keterampilan pada siklus I dengan presentase 38% dan siklus II 57% kemudian siklus III sebanyak 88%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN mulyasari 2 ciampel karawang. Kata kunci : numbered head together, hasil belajar, sikap dan keterampilan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:28
Last Modified: 17 Oct 2017 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30881

Actions (login required)

View Item View Item