MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Cisurupan 01 Kabupaten Garut)

Ade Rohman Sudarwan, 135060098 (2017) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Cisurupan 01 Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I ACC.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II ACC.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III ACC .pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
19. BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siwa melalui model problem based learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN Cisurupan 01 Kabupaten Garut. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki keaktifan dan hasil belajar yang rendah. Ketika peroses pembelajaran berlangsung keterlibatan siswa sangat minim karena siswa hanya melakukan kegiatan duduk, diam, mendengar, mencatat, dan menghafal sehingga siswa kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Terkait dengan proses pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga penyampaian materi pembelajaran kurang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Arikunto. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dan sesuai dengan langkah-langkah model problem based learning. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pelaksanaan pembelajaran, dan lembar keaktifan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (sikluas I mencapai nilai 3.13 atau 78%, siklus II mencapai nilai 3.39 atau 84.5%, dan siklus III mencapai nilai 3.65 atau 91.5%). kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3.01 atau 75%, siklus II mencapai nilai 3.33 atau 83%, dan siklus III mencapai nilai 3.59 atau 89.5%). ketiga, adanya peningkatan hasil belajar siswa (siklus I mencapai 45%, siklus II mencapai 69%, dan siklus III mencapai 84%), dan keempat, adanya peningkatan keaktifan belajar siswa (siklus I mencapai rata-rata 2.16, siklus II mencapai 2.44, dan siklus III mencapai 3.01). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV SDN Cisurupan 01. Kata Kunci: Problem Based Learning , Keaktifan, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:10
Last Modified: 17 Oct 2017 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30862

Actions (login required)

View Item View Item