PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES​ ​NON​ ​EXAMPLES​ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman SD Negeri Neglasari 4 kota Bandung)

Milati Nurlatifah, 135060265 (2017) PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES​ ​NON​ ​EXAMPLES​ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman SD Negeri Neglasari 4 kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover baru.docx.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak jadiii.docx.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Neglasari 4 Kecamatan Coblong Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian ini didasari oleh pembelajran tematik yang kurang bermakna. Karena guru masih menggunakan model pembelajran tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran terjadi satu arah siswa kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, siswa cenderung pasif dan kurang kreatif. Kegiatan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat materi pembelajaran. Oleh sebab itu, siswa tidak terbiasa dalam mengemukakan pendapatnya,kurang bertanya dan jarang bertukar pikiran bersama temanya. Pembelajran seperti itu membuat siswa menjadi bosan dan hanya berpusat pada guru ini berpengaruh terhadap rendahnya keaktifan belajar serta hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dnegan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman melalui model pembelajran Examples Non Examples.​Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi 2 pertemuan dengan menggunakan 4 tahap PTK yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar dari hasil tes pada siklus I sebesar 46,42% kemudian pada siklus II sebesar 67,85% dan pada siklus III sebesar 85,871%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah-masalah yang terdapat dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata kunci: Model examples non examples​, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:05
Last Modified: 17 Oct 2017 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30860

Actions (login required)

View Item View Item