PENGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Girimukti 1)

Susilawati, 135060155 (2017) PENGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Girimukti 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Abstrak Indonesia.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Abstract Inggris.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Abstrak SUNDA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN Girimukti 1 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, ditemukan permasalahan pada subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia yaitu hasil belajar siswa rendah. Seiring dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Girimukti 1. Diketahui hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia belum mencapai rata-rata kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu 70. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dimana yang menjadi subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 37 orang. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar angket sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab, pemahaman dan keterampilan, Lembar Kerja Kelompok (LKK) dan lembar hasil Freetes dan Postest siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan observasi hasil belajar siswa pada siklus I yang terdiri dari sikap percaya diri sebesar 14%, peduli sebesar 16%, tanggung jawab sebesar 16%, pemahaman sebesar16%, dan keterampilan berkomunikasi sebesar 19%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang terdiri dari sikap percaya diri sebesar 54%, peduli sebesar 51%, tanggung jawab sebesar 51%, pemahaman sebesar 49% dan keterampilan berkomunikasi sebesar 51% dan pada siklus III hasil belajar peserta didik terdiri dari sikap percaya diri sebesar 92%, peduli sebesar 92%, tanggung jawab sebesar 92%, pemahaman sebesar 92% dan keterampilan berkomunikasi sebesar 92%. Bedasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Girimukti 1 pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Dengan demikian disarankan bagi guru untuk menggunakan model Problem Based Learning karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema lainnya. Kata Kunci : Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:05
Last Modified: 17 Oct 2017 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30828

Actions (login required)

View Item View Item