PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA SUBTEMA PERUBAHAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan Kelas Tema Bumi dan Alam Semesta Pada Semester II SDN Cipaku 2 Kecamatan Paseh Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017)

NENENG DEWI INTAN, 135060162 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA SUBTEMA PERUBAHAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan Kelas Tema Bumi dan Alam Semesta Pada Semester II SDN Cipaku 2 Kecamatan Paseh Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Bab III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
15. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Cipaku 2 dengan subjek penelitian adalah kelas III. Adapun tujuan penelitian tindakan kela s ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada Subtema Perubahan Rupa Bumi dengan model Problem Based Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah wawancara, observasi sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, kerja sama dan hasil belajar siswa berupa pre tes dan post tes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, dan hasil wawancara observer . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes belajar. Pada penilaian sikap disiplin nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2,45 siklus II mencapai nilai rata-rata 2,69 sedangkan siklus III mencapai nilai rata-rata 3,03. Sikap Tanggung jawab nilai rata-rata siklus I yaitu 2,50 Siklus II yaitu 2,87 siklus III yaitu 3,06. Sikap Peduli nilai rata-rata Siklus I yaitu 2,63 Siklus II yaitu 2,95 dan Siklus III 3,06. Sikap Kerja sama nilai rata-rata Siklus I yaitu 2,65 Siklus II yaitu 2,93 dan Siklus III 3,09. Sikap Rata- rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 60 kemudian dilakukan tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 67 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus II mendapatkan hasil 74 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III mendapatkan hasil 84 Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai awal siswa yang tuntas adalah 20% dengan kemudian Siklus I mengalami peningkatan menjadi 40% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 60% dan dilanjutkan kembali pada siklus III menjadi 80% dari jumlah 30 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Perubahan Rupa Bumi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Disiplin, Tanggung jawab, Peduli, Kerja sama dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 01:44
Last Modified: 17 Oct 2017 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30824

Actions (login required)

View Item View Item