PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA INGIN TAHU PADA POKOK BAHASAN IPA DI KELAS 5 SD (Pokok Bahasan IPA Fungsi Organ Pencernaan Manusia di Kelas V SDN Pameuntasan 1 Kutawaringin Kabupaten Bandung)

Winda Fawzina Fadhilah, 135060055 (2017) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA INGIN TAHU PADA POKOK BAHASAN IPA DI KELAS 5 SD (Pokok Bahasan IPA Fungsi Organ Pencernaan Manusia di Kelas V SDN Pameuntasan 1 Kutawaringin Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK bahasa indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK inggris.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbandingan pemahaman konsep dan rasa ingin tahu siswa pada materi fungsi organ pencernaan manusia dengan menggunakan model pembelajaran Guide Inquiry dan model pembelajaran Modified Free Inquiry. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan pretest posttest control design. Pada penelitian ini, kelas Va menggunakan model Guide Inquiry dan kelas Vb meggunakan model modified free inquiry yang dilaksanakan di SDN Pameuntasan 1 Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pemahaman konsep, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian dokumen guru dan angket respon siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang signifikan pada kelas model Guide Inquiry dan kelas model Modified Free Inquiry; (2) terdapat perbedaan respon siswa terhadap pembelajaran antara kelas model guide inquiry dan kelas model modified free inquiry; (3) terdapat perbedaan keaktifan siswa pada saat pembelajaran antara kelas model guide inquiry dan kelas model modified free inquiry; (4) aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran di kelas model guide inquiry dan kelas model modified free inquiry mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik; (5) dokumen (rpp) yang dibuat oleh peneliti baik di kelas model guide inquiry dan kelas model modified free inquiry mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik; 6) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa antara kelas model Guide Inquiry dan kelas model Modified Free Inquiry yang signifikan. Kata kunci: guide inquiry, modified free inquiry, rasa ingin tahu, fungsi organ pencernaan manusia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:23
Last Modified: 16 Oct 2017 12:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30816

Actions (login required)

View Item View Item