PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PROYEK BUMI DAN ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III di SD YKPPK Bandung)

Mulyati Tri Hayati, 135060172 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PROYEK BUMI DAN ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III di SD YKPPK Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar dan kreativitas siswa pada pembelajaran subtema proyek bumi dan alam semesta. Seiring dengan permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian adalah kelas III SD YKPPK Bandung sebanyak 41 orang yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Perolehan hasil belajar dalam pelaksanaan tindakan siklus I presentase hasil belajar sebanyak 37% atau sebanyak 15 siswa dinyatakan tuntas, pada tindakan siklus II sebanyak 68% atau 28 siswa dinyatakan tuntas, sedangkan pada tindakan siklus III sebanyak 93% atau 38 siswa tuntas, siswa yang dinyatakan tuntas merupakan siswa yang nilainya telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian sikap kreatif pada tindakan siklus I diperoleh sebanyak 2% atau 1 siswa dinyatakan tuntas, pada siklus II sebanyak 37% atau 15 siswa tuntas, dan pada siklus III sebanyak 100% atau 41 siswa dinyatakan tuntas semua. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada subtema proyek bumi dan alam semesta di kelas III SD YKPPK Bandung dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar, dan Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:19
Last Modified: 16 Oct 2017 12:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30815

Actions (login required)

View Item View Item