PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Pulojaya 1)

Irma Siti Hamidah, 135060173 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Pulojaya 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Secara umum penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang hanya menggunakan metode ceramah (teacher center) sehingga hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Pulojaya 1 rendah dan kurang peduli pada pembelajaran, berdasarkan hasil penelitian terlihat rasa peduli peserta didik saat mengikuti diskusi pembelajaran masih bersikap saling mengandalkan, maka untuk itu diperlukan suatu tindakan di setiap kegiatan pembelajarannya. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 yang terdiri dari 17 orang laki dan 13 orang perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dari Arikunto. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 siklus yang terdiri dari 2 pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar kerja kelompok dan tes hasil belajar pada awal (pretest) maupun akhir (posttest) di setiap siklus pembelajarannya. Hal ini terlihat dari perolehan hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan di setiap ranah pembelajaran persiklusnya, mulai dari ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Adapun Penilaian ranah afektif atau sikap peserta didik dalam belajar pada siklus I sebanyak 27%, sedangkan pada siklus II penilaian sikap peserta didik mulai meningkat sebanyak 40%, dan pada siklus III penilaian sikap peserta didik meningkat sebanyak 70%. Sedangkan penilaian pada ranah kognitif atau pengetahuan peserta didik pada siklus I yang telah mencapai KKM sebanyak 27%, pada siklus II mulai membaik dengan meningkat sebanyak 46%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 87%. Adapun penilaian pada ranah psikomotor atau keterampilannya pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 33%, pada siklus II peserta didik yang tuntas meningkat sebanyak 47%, dan pada siklus III peserta didik yang tuntas sebanyak 73%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Keunikan daerah tempat tinggalku berhasil dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Hasil belajar, dan Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:07
Last Modified: 16 Oct 2017 12:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30813

Actions (login required)

View Item View Item