PENGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN PenelitianTindakan Kelas di Kelas V SD Negeri ASMI Kota Bandug )

Kiki Subkhiyah, 135060043 (2017) PENGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN PenelitianTindakan Kelas di Kelas V SD Negeri ASMI Kota Bandug ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 BAB 3.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
19 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang berjudul penggunaan Cooperative Learning Type Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran yang aktif dan berkelompok, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada dilapangan yaitu hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya sikap aktivitas dan nilai hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap aktivitas belajar yaitu aktivitas siklus I sebesar 62%, siklus II sebesar 74%, dan siklus III sebesar 80%, serta hasil belajar peserta didik yang meningkat seiring dengan berjalannya proses pembelajaran dari siklus I, II, dan III. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model cooperative learning type jigsaw dapat menumbuhkan sikap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada tema Lingkungan Sahabat Kita, subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V-B SD Negeri ASMI Kota Bandung. Dengan demikian, model Cooperative Learning Type Jigsaw dapat dijadikan alternative model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci: Cooperative Learning Type Jigsaw, aktivitas, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:52
Last Modified: 16 Oct 2017 11:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30810

Actions (login required)

View Item View Item