PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Tema Makananku Sehat dan Bergizi Subtema Makananku Sehat dan Bergizi Pada Kelas IV SD Negeri 4 Cibodas Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat)

TRI DAYU CAHYADI, 135060214 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Tema Makananku Sehat dan Bergizi Subtema Makananku Sehat dan Bergizi Pada Kelas IV SD Negeri 4 Cibodas Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ASBTRAK B.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN 4 Cibodas yang tidak aktif dan kritis didalam pembelajaran dikarenakan pendidik sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah konvensional yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran Tematik pada Tema Makananku Sehat dan Bergizi subtema Makananku Sehat dan Bergizi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Cibodas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 71,5%, siklus II 79%, dan siklus III 91%) kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 83,3%, siklus II 89%, dan siklus III 90%) ketiga, adanya peningkatan sikap kerjasama (siklus I 34%, siklus II 66%, dan siklus III 93%) keempat, adanya peningkatan keterampilan (siklus I 38%, siklus II 62%, siklus III 83%) kelima, adanya hasil belajar (siklus I 37,93%, siklus II 51,72%, siklus III 86,20%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada Tema Makananku Sehat dan Bergizi subtema Makananku Sehat dan Bergizi kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:46
Last Modified: 16 Oct 2017 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30784

Actions (login required)

View Item View Item