MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANANSUBTEMA MENJAGA KESELAMATAN DI PERJALANAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Pada Siswa Kelas II SDN 2 Cicangkanghilir Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat)

Ginanjar Riani, 135060230 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANANSUBTEMA MENJAGA KESELAMATAN DI PERJALANAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Pada Siswa Kelas II SDN 2 Cicangkanghilir Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDO.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
19 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM, yang disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, siswa hanya mencatat, dan menerima tugas, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Penulis melakukan penelitian ini di SDN 2 Cicangkanghilir Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil b elajar siswa pada subtema menjaga keselamatan di perjalanan dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan RPP sesuai permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan sintak Discovery Learning, selain itu model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Hal tersebut dapat terlihar dari: adanya peningkatan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 65% siklus II 84% dan siklus III 98%.), adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (Siklus I mencapai 66% siklus II 88% dan siklus III 96%). Peningkatan ranah kognitif (Siklus I mencapai 56% siklus II 76% dan siklus III 91%). Ranah afektif sikap jujur (siklus I kategori MB 5 orang, siklus II kategori MB atau M 12siswa, siklus III 17siswa), sikap Santun (siklus I kategori MB 6 orang, siklus II kategori MB dan M 13 siswa, siklus III 17 siswa), sikap tanggung jawab (siklus I kategori MB 6 orang, siklus II kategori MB dan M 13 siswa, siklus III 16 siswa), sikap teliti (siklus I kategori MB 5 orang, siklus II kategori MB dan M 10 siswa, siklus III 16 siswa), selanjutnya ranah psikomotor (siklus I kategori B 4, C 6 dan D 7 orang, siklus II kategori A 2, B 5, C 6 dan D 4siswa, siklus III kategori A 7 B 9 siswa, dan C 1 siswa), dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:41
Last Modified: 16 Oct 2017 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item View Item