PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan Di Kleas IV SDN Cicalengka 05 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung)

Weni Widiawati, 135060058 (2017) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan Di Kleas IV SDN Cicalengka 05 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI WENI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi bab 2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi bab 3.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text
skripsi bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
skripsi bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS BAB 1-5.pdf

Download (251kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) disusun dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Cicalengka 05 dengan menggunakan model Picture and Picture. Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang belum memperlihatkan sikap percaya diri seperti tampil kedepan kelas, sikap peduli dan tanggung jawab terhadap kelompok, pemahaman siswa yang masih rendah dan hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan guru yang masih menggunakan metode klasikal atau metode ceramah dan hafalan saja. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan metode “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari desain penelitian Arikunto”. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus sesuai dengan sintak model Picture and Picture. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pretest, postest dan angket. Hasil penelitian menggunakan model Picture and Picture selalu mengalami peningkatan setiap siklusnya dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Siklus I dengan nilai 3,25, siklus II dengan nilai 3,65 selanjutnya siklus III mendapatkan nilai 3,90. Pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai nilai 30%, siklus II yaitu 63% selanjutnya siklus III 93%. Penilaian hasil belajar pada ranah Afektif pada sikap prcaya diri siklus I yaitu 23%, siklus II memperoleh 56% selanjutnya siklus III memperoleh 83%, pada sikap peduli Siklus I yaitu 33%, siklus II 60% selanjutnya siklus III yaitu 86%, pada sikap tanggung jawab Siklus I yaitu 36%, siklus II yaitu 63%, siklus III yaitu 90% Penilaian hasil belajar pada ranah Kognitif siklus I yaitu 30%, siklus II yaitu 63%, selanjutnya siklus III yaitu 93%. Penilaian hasil belajar ranah Psikomotor yaitu diperoleh dari keterampilan mengomunikasikan siklus I yaitu 30%, siklus II yaitu 50%, selanjutnya sikus III yaitu 83%. Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan penelitian menggunakan model Picture and Picture mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Cicalengka 05 pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran khususnya pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia atau pada subtema yang lainnya. Kata kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:55
Last Modified: 16 Oct 2017 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30771

Actions (login required)

View Item View Item