KOMALA UMBARAWATI, 135050033 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (583kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kemampuan penalaran matematika siswa di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia, sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan penalaran matematika siswa dengan Self Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematika dan angket Self Regulated Learning. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Excel dan software SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) Self Regulated Learning siswa yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran matematika siswa dengan Self Regulated Learning. Dengan demikian model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Kemampuan Penalaran Matematika, Self Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 06:51 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 06:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30770 |
Actions (login required)
View Item |