PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Buah Batu Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

WAHID NUR IHSAN, 135060228 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Buah Batu Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB II METODE PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
19 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Buahbatu Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan diterapkannya model Problem Based Learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah. Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah kepada peserta didik dimana masalah tersebut dialami atau merupakan pengalaman sehari-hari peserta didik, selanjutnya peserta didik menyeleseikan masalah tersebut secara mandiri untuk menemukan pengetahuan baru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes berupa Pretest dan Postest untuk mengetahui pengetahuan peserta didik, penilaian Sikap serta keterampilan dengan menggunakan lembar observasi Siswa, lembar observasi dokumen guru/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Kinerja Guru untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan model Problem Based Learning pada penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yang terlihat dari hasil belajar siswa serta observasi guru. Pada penilaian pengetahuan dengan melakukan pretest dan postest, nilai rata-rata siklus I yaitu pretest 51,6 dan postest 78, nilai rata-rata siklus II yaitu pretest 58 dan postest 82,8, dan nilai rata-rata siklus III yaitu pretest 66 dan postest 90,8. Nilai rata-rata Pada penilaian sikap santun dan peduli Siklus I yaitu 71,25 dan 70, Siklus II yaitu 70,12 dan 85,2 serta siklus III yaitu 98 dan 97,4. Dan nilai rata-rata pada penilaian keterampilan siklus I yaitu 68,992, siklus II yaitu 83,993 dan siklus III yaitu 96,328. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN Buahbatu Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kata kunci : Problem Based Learning, hasil belajar, Santun, Peduli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:32
Last Modified: 16 Oct 2017 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item View Item