Ayu Kartika Rini, 135060119 (2017) PENERAPAN COOPRATIVE LEARNING TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV D SD Negeri Komplek Karang Taruna Sari Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak b.indo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak b.inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (806kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Mind Mapping pada tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV D SDN Komplek Karang Taruna Sari dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih rendah dan banyak kriteria ketuntasan minimal karena guru sering menggunakan motode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping yaitu terdiri 6 fase yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar dan bekerja, evaluasi, dan memberikan penghargaan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa penilaian kognitif, penilaian sikap, penilaian membuat mind mapping dan lembar observasi untuk mengetahui kegaiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari penilaian hasil belajar. Pada penilaian kognitif nilai rata-rata siklus I yaitu 68% sedangkan siklus II mencapai 78% dan siklus III mencapai 80%, pada penilaian afektif dengan presentase siklus I yaitu 61% sedangkan siklus II mencapai 63% dan siklus III mencapai 90% . Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaa dalam keberagaman kelas IV D SDN Komplek Karang Taruna Sari. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning tipe Mind Mapping dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Mind Mapping, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 06:16 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30757 |
Actions (login required)
View Item |