PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SD Negeri 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung)

TITA APRILIA, 135060025 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SD Negeri 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1..pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. fix.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
BAB IV...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN 086 Cimincrang Kecamatan gedebage Kota Bandung. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV A dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan kerjasama belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 77%, dan siklus II sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 87 (baik), siklus II sebesar 88 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 40%, dan siklus II sebesar 88%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62 (baik), siklus II sebesar 75 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Kerjasama, Hasil belajar, Model PBL,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:03
Last Modified: 16 Oct 2017 05:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30748

Actions (login required)

View Item View Item