PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema Manusia dan Lingkungan Di Kelas V SDN Ciranjanggirang 1 Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur )

VERAWATI ANDRIYANI, 135060120 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema Manusia dan Lingkungan Di Kelas V SDN Ciranjanggirang 1 Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 RINGKESAN.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
17BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai, metode yang sering digunakan biasanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Ciranjanggirang 1 Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema benda-benda dilingkungan sekitar kita dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model PBL dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 70% siklus II 74% dan siklus III 83 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 74% dan siklus III 80%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 58% siklus II 62% dan siklus III 90%. Keempat, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 36% siklus II 68% dan siklus III 93%. Kelima, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 42% siklus 8, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:50
Last Modified: 16 Oct 2017 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30734

Actions (login required)

View Item View Item