PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

LINDA AFRIANI, 135060263 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRACT B. INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 BAB III.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
19 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Neglasari 4 Kecamatan Coblong Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 30 orang penelitian ini didasari oleh pembelajaran tematik yang kurang bermakna . Karena guru masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam pembelajaran, Pembelajaran terjadi satu arah sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif . Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang bertanya, mengemukakan pendapat dan tidak saling bertukar pikiran dengan temannya. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (teacher centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan dan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman melalui model pembelajaran Discovery Learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksana an, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan hasil belajar dari hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 36,67% kemudian pada siklus II sebesar 53,33% dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 83,33%. Sedangkan rasa ingin tahu pada siklus I sebesar 46,67%, siklus II menjadi 66,67% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran tematik maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:09
Last Modified: 16 Oct 2017 02:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30718

Actions (login required)

View Item View Item