PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Sukamerta I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang)

SITI AMALIATUSH SHALIHA, 1350600007 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Sukamerta I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COPER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamerta I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang pada kelas IV. Dengan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa kurangnya kemampuan guru untuk memperhatikan kebutuhan siswa seperti penggunaan media, pembelajaran yang monoton dan kurangnya kemampuan guru dalam mengasah siswa untuk berani bertanya dalam pembelajaran menjadi faktor dari rendahnya sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Berdasarkan dari penelitian setiap siklusnya menunjukan hasil yang meningkat pada siklus I siswa yang sikap percaya dirinya tuntas sebanyak 33% atau kurang, siklus II 63% atau cukup, siklus III 76% atau baik. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 70% atau kurang, siklus II 78% baik, siklus III 82% amat baik. Hal ini dikarenakan penerapan model problem based learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:28
Last Modified: 16 Oct 2017 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30715

Actions (login required)

View Item View Item