SITI AMALIATUSH SHALIHA, 1350600007 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Sukamerta I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COPER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamerta I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang pada kelas IV. Dengan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa kurangnya kemampuan guru untuk memperhatikan kebutuhan siswa seperti penggunaan media, pembelajaran yang monoton dan kurangnya kemampuan guru dalam mengasah siswa untuk berani bertanya dalam pembelajaran menjadi faktor dari rendahnya sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Berdasarkan dari penelitian setiap siklusnya menunjukan hasil yang meningkat pada siklus I siswa yang sikap percaya dirinya tuntas sebanyak 33% atau kurang, siklus II 63% atau cukup, siklus III 76% atau baik. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 70% atau kurang, siklus II 78% baik, siklus III 82% amat baik. Hal ini dikarenakan penerapan model problem based learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 01:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 01:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30715 |
Actions (login required)
View Item |