MOHAMMAD ANGGA RINALDIE, 135020033 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI (Sub Pokok Bahasan Mekanisme Debit dan Kredit Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 2 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER .pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi (Sub Pokok Bahasan Mekanisme Debit dan Kredit Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 2 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Dengan latar belakang hasil belajar ekonomi di SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Banyak usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Salah satu upayanya yaitu adalah melakukan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle. Alasan tersebut diupayakan agar prestasi siswa meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol ysng menggunakan metode pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle pada saat tes awal (pretest), (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol ysng menggunakan metode pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle pada saat tes akhir (posttest), (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t berpasangan. Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai tes akhir kelas konvensional adalah 67,5, sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 82,8. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dilihat dari N-gain yaitu sebesar 0.698 sedangkan kelas kontrol sebesar 0.607. Selisih nilai means pada kelas eksperimen yaitu 41.91 sedangkan kelas kontrol sebesar 37.73. Selisih nilsi means dengan N-gain sangatlah jauh berbeda yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional pada sub pokok bahasan Mekanisme Debit dan Kredit. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian di atas hipotesis penelitian dapat teruji. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk selanjutnya peneliti memberikan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle yang dikemas secara menarik agar menarik minat belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 08:36 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 08:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30698 |
Actions (login required)
View Item |