PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI (Studi Eksperimen di Kelas X Pada Sub Tema Mengidentifikasi Manusia Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2017/2018)

Erie Sugiarto, 135020018 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI (Studi Eksperimen di Kelas X Pada Sub Tema Mengidentifikasi Manusia Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. abstrak indonesia.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. abstrak b.inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Bab 3.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
17.daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Pasundan 2 Kota Cimahi . Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata- rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Pasundan 2 Kota Cimahi . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan pemahaman hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada kelas eksperimen , (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan mod el pembelajaran konvensional pada kelas kontrol , dan (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Pasundan 2 Kota Cimahi . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Pasundan 2 Kota Cimahi tahun ajaran 2017- 2018. Adapun sampel penelitiannya adalah sebanyak dua kelompok kelas yaitu peserta didik kelas X IPS SMA Pasundan 2 Kota Cimahi yang dipilih secara acak dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 20.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample T-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh pada tes akhir (post test) nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000. Oleh karena nilai signifikannya< 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksperimen yang proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan peserta didik kelas kontrol sebelum perlakuan pada saat pre test. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dengan peroleh skor rata- rata hasil pre test yaitu sebesar 58,14. Setelah diberikan sebuah perlakuan, skor rata - rata hasil post test mengalam i peningkatan yaitu sebesar 79,14. Sehingga diperoleh N - gain hasil belajar pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,38 (0.38< 0.05). Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efekti f dan menyenangkan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 09:09
Last Modified: 13 Oct 2017 09:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30667

Actions (login required)

View Item View Item