PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERORIENTASI PERNYATAAN UMUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ISNAENI FAJARWATI, 135030027 (2017) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERORIENTASI PERNYATAAN UMUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menyusun teks prosedur kompleks berorientasi pernyataan umum adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan menulis. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengenai proses menyusun teks prosedur kompleks. Permasalahan saat ini ditandai oleh peserta didik yang sulit dalam menyusun teks prosedur kompleks berorientasi pernyataan umum. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menyusun teks prosedur kompleks berorientasi pernyataan umum dengan menggunakan metode think talk write pada siswa kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,9; (2) Peserta didik kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menyusun teks prosedur kompleks berorientasi pernyataan umum . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 37,94 dan nilai rata-rata posttest sebesar 74,05. Jadi, adanya peningkatan 36,1; (3) Metode think talk write efektif diterapkan dalam pembelajaran menyusun teks prosedur kompleks berorientasi pernyataan umum terhadap peserta didik kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 12,03 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 18. Berdasarkan fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata kunci: Menyusun, Metode Think Talk Write, Teks Prosedur Kompleks

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:20
Last Modified: 13 Oct 2017 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30628

Actions (login required)

View Item View Item