PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PONITA PUJI SATYA, 135030046 (2017) PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ponita .pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka ponita pdf.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan dalam membaca terutama dalam mengevaluasi teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode inquiry dalam pembelajaran mengevaluasi teks anekdot. Metode inquiry adalah metode pembelajaran yang mempersiapkan siswa pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri sehingga dapat berpikir secara kritis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengevaluasi teks anekdot dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah apakah penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengevaluasi teks anekdot dari unsur makna tersirat dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018?, apakah siswa kelas X SMK Pasundan 3 tahun pelajaran 2017/2018 mampu mengevaluasi teks anekdot de ngan tepat?, dan apakah metode inquiry efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran mengevaluasi teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Quasi experiment dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, tes dan analisis. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan keberhasilan. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengevaluasi teks anekdot dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,66. Kemampuan penulis termasuk kategori (A) sangat baik. Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu mengevaluasi teks anekdot dengan menggunakan metode inquiry. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 33,99 dan nilai rata-rata posttest 68. Nilai tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 44,2. Model inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengevaluasi teks anekdot. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 8,13 > t tabel 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikian penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukan keberhasilan. Kata Kunci : inquiry learning, kaidah, pembelajaran, teks cerpen, resensi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2017 08:16
Last Modified: 12 Oct 2017 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30608

Actions (login required)

View Item View Item