PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN NILAI SISWA PADA MATERI PERSAMAAN AKUNTANSI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MANIIS

WINA WIRAYANTI, 135020035 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN NILAI SISWA PADA MATERI PERSAMAAN AKUNTANSI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MANIIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Peningkatan Nilai Siswa Pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi Kelas XI IPS di SMA NegerI 1 Maniis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai uas akuntansi siswa pada materi ini, dan metode pembelajaran yang guru berikan hanya metode ceramah sehingga siswa pasif dalam mengikuti proses kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui adakah perbedaan peningkatan nilai siswa sebelum dan sesudah di kelas yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. 2). Untuk mengetahui adakah peningkatan nilai siswa sebelum dan sesudah dikelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 3). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan nilai siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 maniis tahun ajaran 2016/2017. Adapun sampel penelitiannya adalah dua kelas yaitu peserta didik kelas XI IPS yang dipilih secara acak dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan berupa tes essay yang berjumlah 10 butir soal. Analisi data dilakukan dengan uji-t melalui program SPSS 21 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh pada tes akhir (pos ttes) nilai signifikansi (2-tailed) adalah, 0,001. Oleh karena nilai signifikan nya > 0,05 , dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan nilai belajar antara siswa kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan siswa kelas kontrol. Sedangkan peningkatan nilai siswa pada kelas kontrol dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dengan skor rata -rata post tes pada kelas eksperimen adalah 74,42 dengan N-Gain 0,456 (0,456>0,005). Berbeda dengan rata-rata skor pre test pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 57,85 dengan N-Gain 0,060 (0,060>0,005). Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar nilai belajar siswa dapat meningkat, bagi sekolah diharapakan dapat menajdi sumber informasi terutama dalam peningkatan nilai siswa, sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya diharapkan model pembelajaran dapat menjadi lebih baik. Kata Kunci : Model pembelajaran Explicit Instruction, peningkatan nilai siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:27
Last Modified: 11 Oct 2017 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30525

Actions (login required)

View Item View Item