PERAN PRIOR KNOWLEDGE DALAM SELF REGULATION DARI SISWA SMA PASUNDAN PADA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI

YUNITA SARI, 135040070 (2017) PERAN PRIOR KNOWLEDGE DALAM SELF REGULATION DARI SISWA SMA PASUNDAN PADA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kondisi intenal dan kondisi eksternal berperan penting dalam proses pembelajaran. salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah prior knowledge dan self regulation. Prior knowledge merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi pengalaman belajar bagi para peserta didik dan amat penting perannya dalam meningkatkan kebermaknaan pengajaran, selain itu belajar juga dikontrol oleh aspek internal yang diatur oleh diri sendiri (self regulation) dengan mengelola proses belajar individu melalui pengaturan dan pencapaian tujuan dengan menggunakan strategi yang melibakan kognitif, motivasi dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai prior knowledge dan kemampuan self regulation serta mendapatkan informasi mengenai hubungan antara prior knowledge dan self regulation pada pembelajaran sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitain ini adalah siswa SMA Pasundan 2 Cimahi, kelas XI IPA 1 dengan total 32 siswa. Teknik pengumpulan data untuk prior knowledge menggunakan tes, sedangkan untuk self regulation menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menujukan bahwa, prior knowledge siswa termasuk kedalam kategori tinggi, yaitu sebanyak 62,5% memiliki skor di atas KKM. Self regulation siswa dikategorikan baik, dengan 8 aspek yang sudah baik dan 2 aspek yang masih harus ditingkatkan. Terdapat kontribusi yang signifikan pada prior knowledge terhadap self regulation yaitu sebesar 56,6%. Kata kunci: Prior Knowledge, Self Regulation, Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2004
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:11
Last Modified: 09 Oct 2017 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30425

Actions (login required)

View Item View Item