IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

TAMMI UTAMI, 135040125 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
14. DAPUS.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tammi Utami 2017. Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Peningkatan Penguasan Konsep Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pembimbing 1 Drs. Otang Hidayat, M.Pd. dan Pembimbing 2 Drs. Yusuf Ibrahim, M.Pd., M.P. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan model pembelajaran Concept Atainment. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan, sedangkan bagi guru dan sekolah sebagai bahan pertimbangan alternatif untuk menerapkan model pembelajaran Concept Atainment di dalam kelas. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA di SMAN 6 Bandung. Subjek yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 31 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns), yaitu penelitian yang mendekati percobaan sesungguhnya dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas berupa chi-kuadrat (X 2 ), uji homogenitas berupa uji varians (F), uji hipotesis berupa uji t berpasangan, dan analisis N-Gain. Nilai rata-rata pretest adalah 37,50. Kemudian nilai rata-rata posttest setelah menggunakan model Concept Atainment adalah 78,54. Dari data hasil penelitian, menunjukan bahwa t hitung > ttabel pada tahap kepercayaan 95%, yakni 24,43 > 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata atau signifikan antara pretest dan posttest dengan penggunaan model pembelajaran Concept Atainment pada materi pencemaran lingkungan. Selain itu besarnya peningkatan antara pretest dan posttest ditunjukan dari N-Gain sebesar 0,66 yang tergolong dalam kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Atainment dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa SMAN 6 Bandung pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: Model Pembelajaran Concept Atainment,Penguasaan Konsep, Materi Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2017 07:25
Last Modified: 07 Oct 2017 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item