PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMP

DINA NURJANNAH, 135050064 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki oleh siswa hal ini dinyatakan oleh NTCM (2000, hlm. 208). Setelah ditelusuri didapat bahwa kemampuan representasi visual siswa masih rendah. Siswa kesulitan dalam membaca permasalahan yang berbentuk gambar. Perlu diterapkannya pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi visual ini. Pemanfaataan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual merupakan kolaborasi ideal yang dapat saling mendukung satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui apakah pencapaian kemampuan representasi visual matematis siswa SMP yang mendapatkan pembelajaran SSCS lebih baik dari pada kemampuan representasi visual matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui apakah pencapaian kemampuan habits of mind matematis siswa SMP yang mendapatkan pembelajaran SSCS lebih baik dari pada kemampuan habits of mind matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini yang pertama kelompok eksperimen yang diterapkannya model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) serta kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan representasi visual matematis, ska la sikap habits of mind, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rerata yang dilakukan menggunkakan bantuan software SPSS 18 for windows menggunakan Independent sample T-Test kemampuan representasi visual matematis dan habits of mind siswa yang mendapatkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran model konvensional. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru dan siswa melakukan aktivitas yang efektif dan kondusif selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian didaptakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat dijadikan referensi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan efektif. Kata Kunci : SSCS (Search, Solve, Create, and Share), kemampuan representasi visual, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:21
Last Modified: 04 Oct 2017 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30252

Actions (login required)

View Item View Item