PENGEMBANGAN MEDIA BLOG BERBASIS INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) UNTUK SISWA KELAS X SMAN 3 SUMEDANG (Studi Deskriftif Di SMAN 3 Sumedang)

Wawan Setiawan, 105010011 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BLOG BERBASIS INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) UNTUK SISWA KELAS X SMAN 3 SUMEDANG (Studi Deskriftif Di SMAN 3 Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) tahapan pemanfaatan internet dalam pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata pembelajaran Pkn, (2) kelayakan/kualitas media blog, (3) efektivitas media blog dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Pada penelitian ini semua tahap dilaksanakan.Tahap analysis adalah menganalisis masalah dan analisis komponen pembelajaran. Tahap design adalah penyusunan kerangka struktur media bog, penentuan sistematika penyajian materi, ilustrasi, dan visualisasi, serta penulisan draf produk awal media webdan pembuatan story board. Tahap develop yaitu pembuatan dan perakitan halaman blog. Tahap implement adalah memanfaatkan media blog dalam kegiatan pembelajaran. Tahap evaluate dilakukan evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif berupavalidasi dari ahli materi PKn dan ahli media serta penilaian dari guru PKn dan peserta didikuntuk mengetahui kelayakan media blog.Instrumen penelitian yang digunakan berupa angketdengan menggunakan skala Likert kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif.Media blog dikatakan layak apabila rata-rata hasil validasi dari ahli materi PKn, ahli media, dan penilaian guru serta tanggapan peserta didik minimal dalam kategori baik. Evaluasi sumatif dilakukan denganmengadakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) pada subjek uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas X) untuk mengetahui efektivitas media web dalam meningkatkan hasil belajar PKn.Instrumen pengumpulan data adalah berupa soal tes dan dianalisis dengan statistik deskriptif juga yaitu dengan membandingkan nilai rerata pretest dan posttest serta dilakukan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan nilai pretest dan posttest.Media webdikatakan efektif apabila nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretestdanterdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)internet dapat dimanfaatkan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis web di SMA N 3 Sumedang melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi,(2)media Blog yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran PKn berdasarkan validasi ahli materi PKn, ahli media, dan penilaian peserta didik, kelayakannya termasuk dalam kategori baik,(3) media blog yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PKn berdasarkan tes hasil belajar pada uji coba kelompok kecil, terjadi peningkatan rerata nilai pretest (67,11) ke posttest (80,85), sehingga peningkatan mencapai 20,47%, serta peningkatan tersebut bisa dikatakan signifikan dengan t empirik 2,7636 yang bisa dikatakan signifikan. Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran PKn, media blog

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2010
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:17
Last Modified: 04 Oct 2017 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

View Item View Item