KAJIAN KINERJA DAN PENANGANAN PERMASALAHAN LALU LINTAS AKIBAT TARIKAN PERJALANAN FACTORY OUTLET PADA RUAS JALAN DR.SETIABUDHI KOTA BANDUNG

BENDRY TAUFIQ, 08.306.0007 and Jajan Rohjan, DS and Reza Martani Surdia, Ds (2013) KAJIAN KINERJA DAN PENANGANAN PERMASALAHAN LALU LINTAS AKIBAT TARIKAN PERJALANAN FACTORY OUTLET PADA RUAS JALAN DR.SETIABUDHI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB 4.docx

Download (804kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (266kB)
[img] Text
cover buku.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (119kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Salah satu fungsi Kota Bandung sebagi Kota Perdagangan dan jasa telah banyak berdampak bagi penggunaan lahan kota, hal ini dilihat dari menjamurnya kawasan perdagangan factory outlet di Kota Bandung. Jalan Dr. Setiabudhi menjadi salah satu ruas jalan yang memiliki kegiatan perdagangan factory outlet, kegiatan tersebut telah berdampak bagi sistem pergerakan dan sitem jaringan di daerah sekitar, keberadaan kegiatan perdagangan tersebut telah menimbulkan tarikan volume kendaraan bagi ruas jalan Dr. Setiabudhi dan bahkan berdampak juga pada ruas jalan Cipaganti. Peningkatan volume kendaraan tersebut akan berakibat pada penurunan tingkat pelayanan jalan (Level Of Services) Studi ini berfokus pada kajian dampak dari keberadaan kegiatan perdagangan factory outlet yang ada di ruas jalan Dr. Setiabudhi, khusunya pada Rumah mode dan sekitarnya terhadap kinerja ruas jalan tersebut, dengan membuat perbandingan kinerja jalan antara adanya kegiatan perdagangan dengan tidak adanya kegiatan perdagangan, serta mencari tahu penyebab permasalahan dan memberikan beberapa usulan pemecahan permasalahan dari segi rekayasa lalu lintas, geometrik akses dan penggunaan lahannya. Hasil dari studi yang dilakukan menunjukkan bahwa keberadaan kegiatan perdagangan factory outlet ini terbukti berdampak bagi penurunan kinerja ruas jalan, hal ini dapat dilihat dari jumlah tarikan kendaraan rata-rata mencapai 10% dari arus total, sehingga terjadi penurunan tingkat pelayanan ruas jalan, kemudian kecepatan rata-rata kendaraan eksisting yang hanya mencapai 1,8km/jam pada hari libur dan 8,8km/jam pada hari kerja yang masih jauh dari kecepatan arus bebas sebesar 38,31km/jam, sehingga memperpanjang waktu tempuh. selain itu permasalahan juga disebabkan oleh tundaan yang diakibatkan oleh arus kendaraan berbelok karena kondisi geometrik akses yang tidak mendukung. Dari permasalahan lalu lintas tersebut diberikan beberapa usulan penanganan antara lain: pelebaran lebar ruas jalan, perubahan disain geometrik akses, penggunaan lahan parkir bersama, dan penyetaraan kelas jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2013
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:37
Last Modified: 04 Oct 2017 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30212

Actions (login required)

View Item View Item