PEMBELAJARAN MENJELASKAN TEKS DESKRIPSI BERORIENTASI PADA TEMPAT WISATA SECARA VISUAL MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DI KELAS VII SMPN 39 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURUL ULFA PARIDA, 135030073 (2017) PEMBELAJARAN MENJELASKAN TEKS DESKRIPSI BERORIENTASI PADA TEMPAT WISATA SECARA VISUAL MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DI KELAS VII SMPN 39 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks deskripsi adalah tulisan yang menggambarkan hal yang diceritakan oleh penulis yang membuat pembaca dapat membayangkannya. Metode peta pikiran adalah penggabungan konsep yang dapat mengasah otak karena didalamnya terdapat konsep-konsep yang berkesinambungan. Berdasarkan hal tersebut, penulis berminat untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dengan menggunakan peta pikiran di kelas VII SMPN 39 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian, yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dalam bentuk peta pikiran dengan tepat pada pesera didik kelas VII SMPN 39 Bandung? 2) Mampukah peserta didik menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dalam bentuk peta pikiran dengan benar pada kelas VII SMPN 39 Bandung? 3) Efektifkah model peta pikiran digunakan dalam menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dalam bentuk peta pikiran pada peserta didik kelas VII SMPN 39 Bandung? Dalam hasil penelitian ini nilai rata-rata RPP penulis adalah 82. Selanjutnya, nilai rata-rata prates adalah 0 dengan nilai tertinggi dan terendah adalah 0 oleh 22 orang peserta didik. Dalam nilai pascates mendapat peningkatan dengan nilai rata-rata 63.3. Nilai tertinggi untuk pascates sebesar 88 dan nilai terendah adalah 32. Penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata dengan menggunakan metode peta pikiran di kelas VII SMPN 39 Bandung, telah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, menjelaskan, teks deskripsi, metode peta pikiran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2017 08:02
Last Modified: 02 Oct 2017 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30151

Actions (login required)

View Item View Item