PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA SMA

RESTU PUJI PANGESTIKA, 135050014 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
0. COVER.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis dan Adversity Quotient matematis dan apakah terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling purposive yaitu siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan Adversity Quotient matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran SQ4R. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika melalui model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Adversity Quotient matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika melalui model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan tidak terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dengan demikan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dapat dijadikan salah satu alternative bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Berpikir Kritis Matematis, Adversity Quotient Matematis, Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:43
Last Modified: 29 Sep 2017 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

View Item View Item