SINTIA RAHMAWATI, 135050092 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTs. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk meningkatkan pengetahuan pada matematika, maka perlu adanya kemampuan matematis terutama kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi matematis dan disposisi pada siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara diperlukan adanya perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (metodeEksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 5 Karawang tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII MTsN 5 Karawang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian sebanyak 6 soal, serta angket disposisi matematis sebanyak 30 pernyataan. Data dianalisis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 18.0 for Windows. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (2)Disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (3)Tidak terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatiftipe Jigsaw. (4)Tidak terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis,disposisi matematis, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 07:37 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 07:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29901 |
Actions (login required)
View Item |