ENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SUB TEMA PASAR MODAL (Studi Quasi Eksperimenkelas XI IPS MAN 1 Bandung Tahun Ajaran 20162017)

DIAN SITI AISAH, 135020041 (2017) ENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SUB TEMA PASAR MODAL (Studi Quasi Eksperimenkelas XI IPS MAN 1 Bandung Tahun Ajaran 20162017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini yaitu(1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan modelproblem based learning pada sub tema pasar modal,(2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw pada sub tema pasar modal, (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan modelproblem based learning pada sub tema pasar modal.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain control grup pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Bandung, yang keseluruhanya berjumlah 70 siswa. Terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IPS C sebagai kelas eksperimem dan XI IPS B sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel indevenden (bebas) yaitu penerapan model problem based learning (X) dan variabel devenden (terikat) yaitu kemampuan berpikir kritis (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan modelproblem based learning pada sub tema pasar modal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan hasil pretest sebesar 41,66 dan hasil posttest sebesar 77,87sedangkan kelas kontrol diperoleh hasil pretest sebesar 43,14 dan hasilposttestsebesar 72,26. Pengujian N-Gain dapat dilihat bahwa rata-rata nilai yang dicapai pada saat pretest sebesar 41,66 sedangkan pada saat posttest sebesar 77,86 dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,63 interprestasi sedang.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada sub tema pasar modal.Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepadasekolah diharapkan dapat membantu guru untuk memberikan arahan mengenai model pembelajaran dan menunjang fasilitas yang dibutuhkan guru. Kepada guru ekonomi agar aktif dalam memberikan pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan model pembelajaran yang bervariatif.Kepada siswa diharapkan agar lebih aktif lagi dalam mengikuti setiap pembelajaran. Kepada peneliti selanjutnya, mengingat banyaknya permasalahan yang mungkin terjadi dalam kegiatan pembelajaran diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:35
Last Modified: 20 Sep 2017 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29847

Actions (login required)

View Item View Item