PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KAYANYA NEGRIKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)

Sari Mulyani, 145060262 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KAYANYA NEGRIKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Inquiri pada mata pelajaran IPS dengan materi kayanya Negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia pada siswa kelas IV SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Sukarasa yang terlihat pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan pembelajaran hanya bersifat Teacher-Centered dengan metode konvensional, sedangkan dengan model pembelajaran yang lain belum pernah dilaksanakan khususnya pembelajaran Inquiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi (pengamatan), angket pemahaman siswa dan lembar tes. Instrumen berupa lembar observasi telaah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Pembelajaran inquiri yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat yaitu dengan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menguji jawaban, menarik kesimpulan dan menerapkan kesimpulan pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Akhir siklus I sebanyak 30 siswa (78%) sudah mencapai KKM, sedangkan hasil akhir siklus II sebanyak 35 siswa (92%) sudah mencapai KKM sebesar 73. Berdasrkan hal tersebut hasil belajar siswa mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 14%. Dengan demikian, kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri sangat menunjang terhadap peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Inquiri, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:31
Last Modified: 19 Sep 2017 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29807

Actions (login required)

View Item View Item