PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP DI KOTA BANDUNG

NITA YUDIAWATI, 135050061 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Nita Yudiawati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP di Kota Bandung. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan. Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu yang diberikan di sekolah, menjadikan kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menelaah mana yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran Cooperative Script dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung. Adapun sampel penelitiannya adalah dua kelas yang dipilih secara acak kelas yaitu VIII-A sebagai kelas kontrol yang di berikan perlakuan pembelajaran konvensional dan VIII-B sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran model Cooperative Script. Tes yang digunakan adalah tes uraian. Sedangkan skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai kepercayaan diri siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan bantuan program software SPSS 18.0 for windows. Temuan penelitian ini menunjukan: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Cooperative Script lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Kepercayaaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajarn Cooperative Script lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa bersikap positif terhadap pelajaran matematika, pembelajaran model Cooperative Script, dan soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis. Dari kesimpulan tersebut maka penulis menyarankan kepada guru untuk mempertimbangkan pembelajaran menggunakan model Cooperative Script yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Model Cooperative Script, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, dan Kepercayaan Diri Sisiwa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:59
Last Modified: 19 Sep 2017 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29782

Actions (login required)

View Item View Item