UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester II di SDN 063 Kebon Gedang Jalan Kebon Gedang, Kec. Batununggal, Kota Bandung)

IMAM MULHAKIM, 135060088 (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester II di SDN 063 Kebon Gedang Jalan Kebon Gedang, Kec. Batununggal, Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita subtema usaha pelestarian lingkungan di kelas V SDN 063 Kebon Gedang. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaanya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase rata -rata motivasi belajar siswa sebesar 69,25% dengan kategori sedang pada siklus II persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 70,4% dengan kategori tinggi. Pada siklus I rata-rata hasil belajar post test sebesar 2,39 dengan kategori sedang, pada siklus II skor rata-rata hasil belajar post test sebesar 3,18 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada tema lingkungan sahabat kita subtema usaha pelestarian lingkungan. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:29
Last Modified: 19 Sep 2017 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29773

Actions (login required)

View Item View Item