PENGGUNAAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SD Negeri Ciateul Kota Bandung)

DINDA NIRWANA PRAMATA BUNDA, 135060269 (2017) PENGGUNAAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SD Negeri Ciateul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Indonesia.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Inggris.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Sunda.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab 2.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab 3.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kegiatan mentransfer ilmu yang dilakukan masih mengandalkan metode klasik, yaitu pengajaran di dalam kelas. Pembelajaran dan pengajaran di luar kelas masih dianggap tabu dan belum terbukti mampu mendorong peserta didik menguasai seluruh pelajaran yang diajarkan. Pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dianggap sulit dan tidak efektif., padahal sumber belajar yang melimpah terdapat di alam. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode outdoor study dengan tujuan meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik pada tema lingkungan sahabat kita khususnya subtema manusia dan lingkungan. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus pada pelaksanaanya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menggunakan metode outdoor study. Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I nilai rata – rata rasa rasa ingin tahu peserta didik sebesar 62,7 dengan kategori cukup, pada siklus II nilai rata – rata rasa ingin tahu peserta didik sebesar 82,6 dengan kategori baik, dan pada siklus III nilai rata – rata rasa ingin tahu peserta didik sebesar 92 dengan kategori sangat baik. Pada siklus I rata – rata hasil belajar sebesar 60,5 dengan kategori cukup, pada siklus II rata – rata hasil belajar sebesar 53,7 dengan kategori kurang, dan pada siklus III rata – rata hasil belajar sebesar 90,2 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode outdoor study dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik kelas V pada tema lingkungan sahabat kita subtema manusia dan lingkungan. Dengan demikian metode outdoor study dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran yang menarik agar meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Metode Outdoor Study, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:24
Last Modified: 19 Sep 2017 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29772

Actions (login required)

View Item View Item