PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENDALIKAN IMPULSIVITAS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

YANITA NURFITRIYANA, 135040046 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENDALIKAN IMPULSIVITAS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK INDO.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Yanita Nurfitriyana. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Impulsivitas Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Pembimbing 1 Drs. Yusuf Ibrahim, M.Pd., M.P. dan Pembimbing 2 Ida Yayu Nurul Hizqiyah, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning terhadap kemampuan mengendalikan impulsivitas siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada kemampuan mengendalikan impulsivitas. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 3 di SMA Negeri 20 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 34 orang. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian aspek kognitif mendapat nilai N-Gain 0,68 dengan kategori sedang, penilaian pada aspek afektif mendapat skor rata-rata 83 dengan kategori baik, penilaian pada aspek psikomotor medapat skor rata-rata 85 dengan mencapai kategori baik, dan penilaian angket sikap dan tanggapan siswa menanggapi positif dengan rata-rata keseluruhan 78% mencapai kategori hampir seluruhnya. Hasil uji korelasi aspek kognitif dengan aspek afektif memiliki nilai koefesien korelasi 0.747 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, aspek afektif dengan aspek psikomotor memiliki nilai koefesien korelasi 0.744 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, dan aspek psikomotor dengan aspek kognitif memiliki nilai koefesien korelasi 0.716 dengan signifikasi 0,00 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan impulsivitas siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci: Problem based learning, habits of mind, kemampuan mengendalikan impulsivitas, pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:07
Last Modified: 19 Sep 2017 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29768

Actions (login required)

View Item View Item