TARSISIUS BOBY S, 135030053 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALASIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS XI SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN SUNDA.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I REVISI.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II REVISI.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III REVISi.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Karya ilmiah adalah bentuk karangan atau tulisan yang membahas suatu permasalahan yang didalamnya terdapat sebuah gagasan, deskripsi, atau pemecahan masalah serta ditulis secara objektif dan jujur. Metode jigsaw merupakan metode pembelajaran dengan tujuan belajar aktif dalam sebuah kelompok belajar, khususnya pada pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Permasalahan yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode jigsaw di kelas XI SMAN 18 Bandung?; (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 18 Bandung melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah?; (3) Efektifkah metode jigsaw digunakan dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimen jenis one group post pretes posttes dengan metode penelitian observasi, uji coba dan tes, adapun hasil penelitianya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, yang diperoleh penulis adalah 3,8. Dan termasuk ke dalam kategori sangat baik 2) Peserta didik XI SMAN 18 Bandung, mampu menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Hal ini dibuktikan, dengan hasil rata-rata pretes yaitu 49,41 dan nilai rata-rata postes 74,14, atau peningkatan sebesar 24,71. 3) Metode jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis sitematika dan kebahasaan karya ilmiah. hal ini dibuktikan dari perhitungan statistik t hitung ≥ t tabel dengan 8,92 ≥ 1,02 dalam tingkat kepercayaan 95% dan dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data tersebut penulis menyimpulkan pembelajaran meng-analisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Metode jigsaw, menganalisis, karya ilmiah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 08:54 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 08:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29760 |
Actions (login required)
View Item |