Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning

Yuli Endang Susilawati, NPM. 138060052 (2016) Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Discovery Learning, Problem Based Learning dan konvensional, serta untuk membandingkan antara model pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning dan konvensional yang berpengaruh paling tinggi terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan group pretes-postes design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Margahayu, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII E, VIII F, dan VIII G yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Pada penelitian ini kelompok eksperimen 1 memperoleh pembelajaran Discovery Learning, kelompok ekspermen 2 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan kelompok kontrol melakukan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaan Discovery Learning, Problem Based Learning dan konvensional. Siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai kemampuan komunikasi paling tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan konvensional. Key words: Kemampuan Penalaran, Kemampuan Komunikasi, Discovery Learning, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:27
Last Modified: 08 Apr 2016 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item